Berapa Harga Jasa SEO? Berikut Perhitungan Biayanya!

Harga Jasa SEO

Saat pertama kali Anda mencari perusahaan atau penyedia jasa SEO mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga yang layak untuk layanan ini. Seperti jasa lain pada umumnya, SEO juga mempunya kriteria tersendiri untuk menentukan berapa biaya yang harus di keluarkan oleh klien untuk menempatkan website di halaman pertama, atau meningkatkan traffic sebanyak mungkin.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Jasa SEO

Sebelum memutuskan untuk memilih SEO agency, perusahaan SEO, atau freelancer SEO. Anda wajib juga mengetahui apa saja faktor yang biasanya mempengaruhi harga di tetapkan oleh penyedia layanan. Penyedia jasa mungkin punya rekam jejak yang berbeda, namun tetap memakai poin yang sama untuk menentukan biaya dari jasa yang di tawarkan.

Tingkat Kesulitan

Dalam jasa SEO, hal pertama yang dilakukan adalah menganalisa tingkat kesulitan atau kompetisi, baik itu secara bisnis atau secara persaingan keywords. Kedua hal ini saling terkait, dimana bisnis yang umum secara persaingan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada bisnis yang mungkin tidak begitu intens di cari banyak orang. Tools-tools SEO seperti, Ahrefs, Semrush, MOZ dan beberapa tools lain akan menunjukan seberapa besar tingkat persaingan dari keywords yang di targetkan dalam jasa SEO. Tingkat kompetisi mempengaruhi backlink quantity dan waktu pengerjaan SEO, yang tentu berpengaruh dalam penetapan harga jasa SEO.

Harga Keywords (CPC)

Jika Anda sudah punya pengalaman dengan SEM terutama Google Ads, anda bisa mengetahui berapa bids dari kata kunci yang digunakan dalam beriklan. Besaran harga CPC(Cost Per Click) ini juga kadang menjadi acuan bagi penyedia jasa SEO untuk menentukan biaya. Niche yang masuk ke HPK(High Paying Keywords) seperti finance, investasi, kesehatan dan hukum kemungkinan akan mendapatkan harga yang lebih mahal dari kategori bisnis lain.

Beban Pengerjaan Audit

Website audit dilakukan oleh provider SEO untuk mengetahui masalah dan memberikan rekomendasi SEO secara on-page seperti, peningkatan speed, rekomendasi meta title dan description, audit density, dan elemen lain yang perlu di improve di tiap halaman situs Anda. Semakin banyak halaman website Anda maka biaya yang dikeluarkan akan semakin tinggi. Perlu di pertimbangkan juga apakah CMS website Anda mendukung proses audit berjalan dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari pihak pengembang sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi dalam SEO recommendation.

Target Market

Anda mungkin punya website dengan skala bisnis yang menjangkau kawasan tertentu, target di luar lokal Indonesia akan akan sangat mempengaruhi biaya jasa SEO. Budget link building yang dibutuhkan untuk mendapatkan backlink berkualitas akan lebih mahal dan berkali-kali lipat dari website yang hanya menargetkan market lokal saja. Tingkat kesulitan juga bisa bertambah, tergantung dari kompetisi kata kunci yang di targetkan untuk pasar internasional.

Biaya Artikel SEO

Anda juga perlu mempertimbangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk artikel SEO, baik artikel untuk keperluan link building maupun blog official. Perhitungan harga artikel di ambil dari kualitas konten yang di inginkan, berapa panjang artikel, dan bahasa yang digunakan. Artikel dengan bahasa Indonesia tentu lebih murah dari artikel dengan bahasa Inggris maupun bahasa lain. Tanyakan juga apakah pihak peyedia jasa SEO memberikan screening kualitas, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengecek kualitas konten yang mungkin tidak bisa di dapatkan secara gratis.

Periode Pengerjaan

Dalam KPI(Key Performance Indicator) biasanya di tetapkan dalam jangka tertentu pencapain dari proses SEO. Semakin lama waktu yang dibutuhkan semakin besar juga harga jasa SEO yang di tetapkan. Periode pengerjaan SEO terpengaruh oleh performa website Anda sebelum di kerjakan. Jika website bisnis atau perusahaan Anda masih baru akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding website yang sudah dikenal. Tingkat kompetisi juga mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai KPI dan kembali lagi mempengaruhi biaya layanan SEO.

Dalam memilih jasa SEO profesional anda bisa mendapatkan penawaran harga SEO yang berbeda-beda, hal terbaik yang harus Anda lakukan mengetahui dan bisa memperkirakan berapa biaya yang seharusnya Anda keluarkan berdasarkan faktor-faktor yang sudah kami ungkap. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menetapkan layanan yang Anda pakai untuk mendapatkan harga terbaik dan penyedia jasa SEO yang tepat.

 

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts