Bagaimana Cara Kerja SEO Website?

Bagaimana Cara Kerja SEO

SEO memiliki urutan kerja atau work flow untuk mendapatkan hasil yang optimal di mesin pencari. Dengan mengetahui bagaimana cara kerja SEO akan menjadikan fondasi kuat bagi Anda menjalankan SEO campaign dengan benar. Meskipun Anda mungkin melakukan SEO dengan menggunakan layanan perusahaan atau agency SEO, namun Anda tetap wajib mengetahui untuk mendapatkan gambaran bahwa SEO website Anda dikerjakan dengan cara yang tepat.

Keywords Research

Analisa kata kunci merupakan pekerjaan yang pertama kali di lakukan untuk mendapatkan ide keywords yang sesuai bagi website Anda. Pemilihan keywords di dasarkan pada konversi, tingkat persaingan, volume pencarian, dan relevansi. Broad keywords, generic keywords, brand keywords, LSI keywoords, istilah-istilah yang mungkin perlu Anda pelajari dalam analisa kata kunci untuk SEO. Tools untuk melakukan keywords research seperti, Google Keywords Planner, Ubbersuggest, Ahrefs, dan Semrush cukup sering digunakan oleh para konsultan SEO.

Analisa Competitor

Dalam SEO website akan dilakukan 2 analisa pesaing, yang pertama adalah analisa competitor secara SEO, dan yang kedua analisa competitor secara bisnis. Kompetisi anda secara SEO mungkin bukan website yang mempunyai bisnis yang sama dengan Anda, misalkan website News yang biasanya menguasai halaman pertama untuk keywords-keywords tertentu. Pesaing dalam bisnis Anda mungkin belum mengoptimalkan SEO namun tetap harus di lakukan analisa untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin untuk mengoptimalkan SEO website.

Optimisai SEO On-Page

Secara On-page ada beberapa elemen-elemen SEO yang harus di optimalkan. Hasil dari keywords research perlu di implementasikan ke dalam website Anda. Pengoptimalan secara on-page meliputi penempatan kata kunci dalam title, meta description, heading tag H1-H2, dan keywords stuffing dalam copywriting. Ada berbagai tools yang biasanya di pakai oleh pakar SEO untuk mendapatkan hasil yang optimal secara on-page. Jasa SEO yang bagus pasti akan memberikan rekomendasi ini dalam setiap project yang di jalankan.

Optimasi SEO Secara Technical

Di tahap ini sebenarnya masih terkait dengan SEO On-page namun penerapannya lebih teknis dan melibatkan pengetahuan coding. Beberapa yang dilakukan dalam SEO technical seperti, improvisasi speed website, mobile friendly, dan perbaikan error pada website. Problem pada website ini biasanya berkaitan dengan error di GSC(Google Search Console), namun biasanya error yang ada di GSC terdapat delay dan kurang akurat di jadikan acuan. Tools website audit berbayar seperti semrush, ahrefs, dan screamingfrog  memberikan data yang lebih lengkap tentang problem apa saja yang perlu di benahi dari website Anda.

Backlink Audit

Setelah permasalahan secara on-page selesai dibenahi hal selanjutnya adalah memeriksa kualitas backlink. Jika Anda pernah memakai jasa SEO atau melakukan link building secara mandiri, perlu dilakukan backlink audit. Tools-tools seperti Moz, Ahrefs, dan Semrush biasanya di pakai oleh SEO specialist untuk menganalisa kualitas backlink. Jika terdapat backlink spam, biasanya akan dilakukan disavow backlink untuk mengeliminasi toxic backlink yang menggangu performa SEO website.

Link Building

Setelah website Anda benar-benar siap, langkah selanjutnya adalah melakukan link building. Ada banyak metode untuk melakukan link building. Namun pastikan cara membangun backlink sesuai dengan algoritma Google. Tidak seperti SEO on-page, jika Anda salah melakukan link building langkah untuk memperbaikinya bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama, tergantung seberapa banyak backlink yang tidak berkualitas yang tertanam. Kunci dari link building adalah, terlihat natural dan lakukan perlahan, agresive jika sudah berada di zona aman, kurangi jika sudah sangat optimal.

Tracking and Monitoring

Anda tentu ingin melihat hasil dari optimasi SEO, dimana posisi website Anda di mesin pencari untuk taget keywords, berapa organic traffic yang di dapatkan dan bagaimana kesehatan situs Anda dari waktu ke waktu. Tool-tools SEO untuk tracking keywords, tracking traffic dan health monitoring di perlukan untuk mempermudah dalam tracking dan monitoring SEO website. Penyedia jasa SEO profesional pasti akan memberikan laporan terkait hal ini untuk memberikan insight pada klien mengenai SEO campaign yang sedang di jalankan.

Begitulah bagaimana cara kerja SEO, lakukan link building saat SEO on-page sudah benar-benar optimal. Lakukan evaluasi setiap bulan untuk semua pekerjaan SEO yang telah dilakukan. Dengan mengetahui cara kerja SEO di atas Anda mungkin tidak serta merta menjadi Ahli SEO, namun cukup penting untuk di ketahui sebagai landasan Anda melakukan SEO campaign.

 

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts