Audit Website Gratis Dengan Ahrefs

Audit website merupakan hal penting yang wajib dilakukan dalam optimasi SEO. Jika website punya kesehatan yang baik dan optimal secara on-page akan menambah peluang kata kunci yang di target berada di halaman pertama mesin pencari, terutama Google. Untuk melakukan Audit tentu akan membutuhkan waktu lama tanpa bantuan dari tools SEO, namun memilih dan menggunakan tools SEO yang tidak mampu memberikan laporan jelas tentang kesehatan website, justru akan membuat proses audit terhambat.

Ahrefs adalah salah satu tools SEO paling populer yang digunakan oleh pakar SEO untuk menganalisis dan mengoptimalkan website. Salah satu fitur unggulannya adalah site audit yang bisa kita gunakan secara gratis. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi kesehatan website secara SEO dan menemukan masalah teknis yang dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari.

Langkah-Langkah Menggunakan Website Audit Gratis Ahrefs

    1. Silahkan lakukan registrasi gratis tanpa kartu kredit di https://ahrefs.com/seo-audit-tool. Pastikan anda melakukan registrasi menggunakan akun GSC (Google Search Console) yang terhubung dengan website yang ingin di audit, karna versi gratis hanya bisa digunakan untuk website yang bisa di verifikasi menggunakan GSC.
    2. Setelah sukses registrasi silahkan lakukan Crawl Setting pada fitur Audit Site Ahrefs. Rubah bagian Max number of internal pages dar1 default 10.000 ke 5.000, seperti gambar di bawah ini;Crawl Setting AhrefsVersi gratis ini memiliki batas 5000 URL. jika Anda tidak merubah setting maka crawl tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.
    3. Selanjutnya mulai crawl website Anda dan tunggu hasilnya yang akan dikirim juga ke email. Jika sudah sukses maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini;Ahrefs Email Website Audit
    4. Setelah mendapatkan hasil crawl tentu langkah selanjutnya memperbaiki problem yang ditunjukkan oleh site audit Ahrefs. Tingkatkan health score setinggi mungkin sesuai dengan kemampuan untuk memperbaiki masalah yang di perlihatkan.

Analisis Hasil Website Audit

Setelah proses audit selesai, Ahrefs akan menampilkan laporan lengkap tentang kondisi website Anda. Beberapa metrik utama yang perlu diperhatikan meliputi:

  • Health Score: Skor kesehatan website berdasarkan jumlah dan tingkat keparahan masalah SEO.
  • Crawlability Issues: Menunjukkan halaman yang tidak dapat diindeks oleh mesin pencari.
  • Broken Links: Daftar link yang tidak aktif atau mengarah ke halaman error.
  • Redirect Issues: Memeriksa apakah ada pengalihan yang tidak tepat atau redirect chains yang berlebihan.
  • On-Page SEO Issues: Memeriksa elemen seperti title tags, meta descriptions, dan heading yang hilang atau duplikat.

Perbaiki Masalah yang Ditemukan

Setelah menemukan masalah pada website dari hasil website audit gratis, langkah selanjutnya adalah memperbaikinya. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Perbaiki Broken Links dengan mengganti atau menghapus internal link yang rusak.
  • Optimalkan Meta Tags dengan menyesuaikan panjang dan relevansi title serta meta description.
  • Tingkatkan Kecepatan Website dengan mengompresi gambar dan mengoptimalkan kode JavaScript serta CSS.
  • Perbaiki Struktur Internal Linking untuk memastikan navigasi website lebih baik dan SEO-friendly.

SEO bukanlah proses satu kali, melainkan perlu dilakukan secara berkala. Gunakan fitur Scheduled Audit di Ahrefs untuk melakukan pemindaian otomatis pada interval tertentu, seperti harian, mingguan atau bulanan. Ini membantu Anda tetap memantau kondisi website dan melakukan perbaikan secara terus-menerus.

Jika Anda kesulitan untuk meningkatkan health score hasil audit website Anda, silahkan konsultasikan kepada kami. Website Audit merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh jasa SEO kami baik untuk paket full service ataupun jasa terpisah.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts